Alasan-Alasan Saham Adalah Investasi Terbaik Pendidikan dan Pensiun

Tingginya naik biaya pendidikan dan inflasi menjadikan kita musti berinvestasi. Investasi kemana? Saham satu diantaranya. Simak alasan-alasan mengapa investasi di saham merupakan pilihan terbaik tuk dana pendidikan dan pensiun. Menurut beberapa survei, mayoritas masyarakat masih menanamkan uangnya di tabungan dan atau deposito. Alasannya, tabungan atau deposito merupakan instrumen aman. Sebetulnya, keduanya ialah instrumen merugikan. Bunga dari tabungan maupun deposito belum cukup menutupi kenaikkan biaya hidup, terlebih menghadapi naiknya biaya sekolah yang semakin besar setiap tahun. Secara riil, uang Anda di tabungan termakan; secara riil nilainya merosot.

Perhitungan suatu lembaga keuangan terkemuka memperlihatkan return riil (sehabis dikurangi inflasi, pajak dll) yang negatif dari tabungan juga deposito di Indonesia. Apa rekomendasinya? Selama ini, kami melulu mengusulkan Reksadana sebab ini ialah instrumen yang menonjolkan imbal hasil (return) lebih tinggi juga paling penting diatas naiknya biaya pendidikan. Tetapi, sebenarnya buat Anda yang mau imbal hasil lebih lagi, ada pilihan lain, yakni: investasi saham. Sebelum terjun, silahkan kita lihat apa saaja alasan mengapa perlu berinvestasi di saham. Saham punya beberapa keunggulan yang menjadikannya lebih baik dari instrumen lainnya.

Return Saham Tertinggi. Sejarah memperlihatkan bahwa saham memberi return paling tinggi diantara investasi lain. Dibawah ini ialah perbandingan total return: Tabungan, Deposito, IHSG, Emas, dan beberapa saham favorit (Astra, Bank BCA, dan Unilever) selama 12 tahun belakangan (2005 – 2017). Hasilnya tampak bahwa saham–saham itu unggul diatas emas juga IHSG. Bandingkan dengan bunga-bunga obligasi yang cukup tinggi hingga 8% per tahun. Apalagi tabungan 3% alias deposito yang kisaran dibawah 7%. Anda bisa lihat perbedaan signifikan sebab instrumen investasi yang anda pilih. Menanamkan deposito dari 5 juta bakal menjadi 8 juta tahun 2015, di emas nilai jadi 14 juta sementara di saham unggulan uang Anda mencapai 30 juta (Astra), 45 juta (BCA), dan 55 juta (Unilever). Yang penting ialah keuntungan saham bisa menekuk inflasi biaya pendidikan juga biaya hidup. Biaya pendidikan diestimasi melejit 10 sd 15% setahun, sementara biaya hidup kira-kira 7% setahun. Investasi saham memberi return lebih dari 20% setahun.

Modal Kecil Bisa Investasi Saham. Berapa modal tuk membuka investasi di saham? Banyak yang belum main di saham sebab membayangkan tingginya minimal investasi. Bayangan mereka, membeli saham perlu dana besar. Perlu proses ribet. Ketentuan Bursa Efek Indonesia merupakan minimum pembelian saham hingga 100 lembar (sudah turun dari awalnya 500 lembar). Hingga bila harga saham Rp 500 per saham, total investasi ialah Rp 50,000. Murah bukan? Lebih murah dibanding tabungan dan deposito. Jadi, sebetulnya tak ada halangan buat siapapunntuk awali investasi di saham.

Sistem Online: Jual Beli Saham Dimana dan Kapan Saja. Jual beli saham musti dilakukan di bursa saham, yakni Bursa Efek Indonesia, dan dilakoni lewat perantara, yakni broker atau dijuluki Anggota Bursa. Anda tak bisa langsung melaksanakan jual beli. Perlu menyampaikan order pada broker, lalu menyampaikan di lantai bursa agar investor lain bisa merespon penawaran beli maupun jual Anda. Ribet? Dulu iya lantaran Anda musti nongkrong di kantor broker tuk berikan order beli atau jual. Hari ini sudah tak lagi. Sudah tersedia fasilitas broker online, yang dapat diakses dari komputer maupun handphone. Dengan ini, Anda dapat jual beli saham dengan online. Dimana saja juga kapan saja, pemodal bisa mengerjakan investasi sahamnya.

Pemilik Perusahaan Besar. Ingin jadi pemilik perusahaan besar, semisal Astra Internasional, Unilever maupun Bank BCA? Bisa dan gampang. Beli saham–saham perusahaan ini. Punya saham artinya Anda jadi salah satu pemilik. Dengan memiliki status pemilik, Anda berhak memperoleh pembagian keuntungan, yakni deviden, yang dibagikan dari laba perusahaan tiap tahun. Pembagian deviden diputuskan didalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang diikuti pemegang saham. Para pemegang saham bakal mendapat pemberitahuan dan invitation tuk ikut didalam RUPS.

Mudah Dicairkan. Bagaimana bila inginkan mencairkan investasi di saham saat ini juga? Mudah dan cepat proses pencairan. Investor musti melakukan order jual lewat sistem perdagangan online. Setelah berlangsung transaksi, dalam masa 3 hari semenjak transaksi, T+3, dana hasil revenue akan masuk menuju rekening dana investor (RDI). Terhadap dana di RDI, investor boleh memilih: (1) ingin memakai untuk transaksi saham lainnya, maka dana selalu disitu atau (2) mencairkan dana itu, maka perlu memberikan perintah di sistem kemana dana ditransfer.

5 Replies to “Alasan-Alasan Saham Adalah Investasi Terbaik Pendidikan dan Pensiun”

  1. SEO
  2. toko agen roller blind
  3. timbangan digital

Leave a Reply

Your email address will not be published.